Hashtag Pray For Turkey Ramai di Twitter, Netizen Indonesia Ikut Berkabung

- Senin, 6 Februari 2023 | 21:01 WIB
hashtag Pray For Turkey Ramai di Twitter (twitter)
hashtag Pray For Turkey Ramai di Twitter (twitter)
URBANGARUT.COM - Gempa besar mengguncang Turki pada Senin, 6 Februari 2023 sekitar pukul 04.15 waktu setempat.
 
Gempa dahsyat dengan magnitudo 7,8 menghancurkan banyak fasilitas dan bangunan di Turki. Diperkirakan korban tewas sudah mencapai 300 orang.
 
Netizen Twitter ikut berkabung dengan meramaikan hashtag pray for turkey. Mendoakan agar para korban di berikan kesabaran dan kelapangan.
 
Dalam hashtag tersebut terlihat netizen Twitter dari berbagai negara ramai memposting tentang kengerian gempa tersebut. Bangunan yang hancur dan para korban yang meminta pertolongan.
 
 
"Tingkat kehancuran akibat gempa di Turki membuatnya terlihat seakan berada di zona perang. Bencana ini benar-benar memilukan. pray for turkey, terutama untuk para korban yang masih terjebak di bawah reruntuhan." Twit akun @kci2013 yang juga memposting foto kengerian gempa dengan bangunan-bangunan yang hancur.
 
Gempa ini diketahui berpusat sekitar 33 km dari kota Gaziantep dengan kedalaman 18 km. Gaziantep merupakan provinsi utama Turki yang berpenduduk lebih dari 2 juta orang.
 
Salah satu netizen Twitter luar negeri dengan akun @musakayrak mengunggah video hebatnya guncangan yang dirasakan di dalam sebuah apotek. Terlihat isi ruangan dan bangunan bergetar hebat dan menjatuhkan barang-barang hingga listrik yang mati.
 
Tidak hanya di Turki, gempa dahsyat ini juga ikut dirasakan di berbagai negara seperti Suriah, Yunani, dan beberapa negara Eropa.
 
Nitizen Indonesia juga ikut memberikan doanya untuk para korban gempa seperti cuitan dari @kyuchanvr, "Inalillahi, terjadi gempa bumi di Turki. Semoga keluarga korban diberikan kekuatan dan kesabaran."
 
 
Terlihat banyak netizen baik dari Indonesia maupun luar negeri mendoakan para korban dan keluarga korban gempa Turki dengan meramaikan hashtag pray for turkey.
 
Di Italia, alarm peringatan tsunami berbunyi kencang setelah gempa dahsyat yang terjadi di Turkey ini pada Senin sore waktu setempat.
 
Warga Italia diminta menjauhi garis pantai dan mengungsi ke tempat aman.
 
"Visual memilukan datang dari #Turkey dan #Syria setelah guncangan besar #earthquake. Kamu disini berdoa dan berdiri bersama kalian saudara-saudaraku di masa sulit ini. #PrayForTurkey" netizen @Hanzalamalik97 asal luar negeri ikut mendoakan dan berkabung untuk para korban gempa di Turki.
 
Terlihat di #PrayForTurkey Twitter tersebar video yang menampakan kengerian guncangan gempa dan jalanan yang retak dan hancur.
 
 
Sebelumnya, Turkci juga diguncang gempa dahsyat pada tahun 2020 dengan magnitudo 7,0. Tepatnya di provinsi Izmiz dan samos, dan mengakibatkan tsunami kecil.***

Editor: Anisa Dewi Ariani

Sumber: Twitter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X